Setelah melewati Pra Produksi, kini kita masuk ke tahapan berikutnya yaitu proses produksi. Didalam proses produksi ini, semua crew yang terlibat secara langsung mengerjakan job descriptionnya masing-masing. Siapa sajakah crew dalam sebuah produksi film pendek?

 

1. Executive Producer

Orang yang membiayai proses produksi film, biasanya Executive Producer tidak terlibat secara langsung dalam proses produksi dan mempercayakannya pada produser. Nah, di Smartphone Short Film Festival ini pak Kepala Desa bisa diposisikan sebagai Executive Producer

 

2. Produser

Orang yang menginisiasi sebuah proyek film dan terlibat secara aktif dalam seluruh proses produksi film dari mulai pencarian dana, memanage pra produksi sampai pascaproduksi hingga film tersebut didistribusikan dan bertemu dengan penontonnya. Dalam produksi film besar, Produser dibantu oleh Line Producer sebagai asisten di bagian teknis, manager produksi, manager lokasi, Unit dan lain-lain. Namun dalam produksi film pendek, semua pekerjaan dilakukan sendiri oleh Produser seperti menentukan crew, mencari talent, menentukan lokasi syuting dan lain – lain. Di festival ini, jabatan Produser mungkin cocok dijabat oleh Ketua Karang Taruna Desa masing-masing.

 

3. Sutradara

Sutradara adalah penanggung jawab kreatif dalam produksi sebuah film. Selain memandu aktor, ia juga harus memastikan semua crew menjalankan tugasnya serta mampu memimpin dan memanage produksi hingga sebuah film layak ditonton. Dalam menjalankan tugasnya, sutradara dibantu oleh Asisten Sutradara ( Astrada ) yang menyiapkan jadwal syuting, Call Sheet, blocking pemain dan lain-lain. Dalam produksi film pendek biasanya semua pekerjaan dilakukan sendiri oleh sutradara.

 

4. Penulis Skenario

Penulis skenario sebetulnya bekerja pada saat pra produksi, dimana ia bertugas untuk mengembangkan ide hingga menjadi sebuah skenario utuh. Di proses produksi ia hanya mendampingi sutradara.

 

5. Script Continuity

Bertugas memotret setiap hal visual yang muncul didalam frame agar terjaga kesinambungannya disetiap adegan. Di produksi film pendek, bersama Clapperman ia juga bertugas mencatat hasil pengambilan gambar yang akan digunakan pada saat pasca produksi.

 

6. Penata Kamera

Biasa disebut Director Of Photograph ( D.O.P ) yang bertugas sebagai penerjemah sutradara dalam level teknis pengambilan gambar mulai dari jenis kamera yang digunakan, lensa, lighting, tone warna, Shoot Type, Camera Angle, Camera Movement untuk memberikan efek estetik visual dalam sebuah film.

 

7. Kamera Operator

D.O.P dibantu oleh kamera operator yang bertugas merekam gambar sesuai Shoot List ( daftar pengambilan gambar ) yang telah dibuat oleh D.O.P. Kamera Operator dibantu juga oleh Asisten Kamera yang bertugas menyiapkan kamera, ketersediaan baterai, dan lensa yang dibutuhkan pada saat proses syutng berlangsung. Di dalam produksi film pendek biasanya D.O.P mengerjakan semuanya sendiri, dia yang membuat Shoot List, dia yang merekam, dia juga yang menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

 

8. Clapper

Petugas yang memegang Clapperboard disebut Clapper Boy/Girl bertugas memberikan identitas pada gambar yang sedang diambil melalui papan Clap. Sebuah film terdiri dari puluhan bahkan ratusan footage. Agar tidak bingung saat editing, setiap gambar yang diambil diberikan identitas sesuai nomor scene, dan shoot yang ditulis dalam skenario. Bunyi “Clap” juga memberikan informasi pada editor dari mulai mana ia memotong gambar. Didalam grafik audio, bunyi Clap juga grafiknya paling tinggi hingga memudahkan editor mensinkronisasikan file audio dari Boom Operator.

 

9. Penata Artistik

Penata Artistik bertugas merancang tampilan interior/exterior sebuah set serta menyiakan properti-properti yang dbutuhkan dalam cerita.

 

10. Penata Suara ( Sound Director )

Penata Suara bertugas memonitor, mengatur leveling audio, mixing, hingga jenis microphone yang digunakan pada saat syuting. Ia juga mengelola kebutuhan sound dalam sebuah cerita dan ketersediaan alat rekam, mengurus segala kebutuhan rekaman dan sound effect yang dibutuhkan. Di dalam produksi film pendek, Penata Suara juga menyiapkan scoring dan backsound yang dibutuhkan untuk menghidupkan cerita.

 

11. Boom Operator

Bertugas merekam dialog yang ada pada setiap pengambilan gambar. Ia juga mencatat hasil rekam yang bisa digunakan oleh editor di Sound Report ( Laporan Perekaman Audio ).

 

12. Editor

Mengolah footage yang telah diambil pada saat produksi menjadi sebuah tayangan film yang utuh.

 

Nah, dari sekian banyak crew yang ada di produksi film, kira-kira kamu bakal jadi apa nih? Kalau sudah yakin, segera buat tim dan daftarkan di Smartphone Short Film Festival, kami tunggu ya karyanya…