Shoot Type adalah salah satu bagian penting dalam tehnik pengambilan gambar bergerak. Dalam film, setiap shoot memiliki makna / infomasi yang ingin disampaikan oleh sutradara.

 

 

  1. Extreme Long Shot ( Wide Shoot )

Teknik pengambilan gambar obyeknya terlihat kecil dengan menampakkan suasana keberadaan latar belakang yang lebih luas. Shoot ini diambil jika ingin menjelaskan suasana, waktu dan lokasi dimana adegan berlangsung.

 

  1. Long Shoot

Teknik pengambilan gambar yang obyeknya terlihat lebih besar dibanding Extreme Long Shoot, namun masih terlihat jauh dengan suasana keberadaan latar belakang lebih padat. Shoot ini diambil jika ingin menjelaskan suasana, waktu dan lokasi dimana adegan berlangsung.

 

  1. Full Shoot

Teknik pengambilan gambar keseluruhan obyek, jika obyeknya manusia maka di frame akan terlihat dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan komposisi yang seimbang. Shoot ini diambil jika ingin memberikan informasi latar, suasana dan keadaan emosi karakter.

 

 

  1. Medium Long Shoot ( Knee Shoot )

Teknik ini dengan ukuran gambar tiga perempat ( ¾ ) dari keseluruhan bidikan misalnya dari ujung kepala sampai lutut ( Jika obyeknya manusia/karakter ).

 

  1. Medium Shoot

Teknik ini memvisualkan setengah dari keseluruhan bidikan objek. Misalnya jika obyeknya manusia maka akan terlihat dari ujung kepala hingga pinggang. Pengambilan gambar ini memberikan informasi keadaan obyek beraktivitas seperti makan, rapat, dialog pada saat dua orang berbicara, sehingga membuat penonton merasa sejajar dengan tokoh yang ditampilkan.

 

  1. Medium Close Up

Teknik pengambilan gambar dari ujung kepala sampai ke dada objek ( Jika Obyek manusia ) teknik ini memberikan informasi menyampaikan ekspresi karakter. Medium Close Up juga digunakan pada saat adegan wawancara.

 

 

  1. Close Up

Teknik pengambilan gambar dari ujung kepala sampai batas bahu. Close Up digunakan untuk menyampaikan detail ekspresi sebuah obyek sehingga karakternya dapat dilihat secara jelas oleh penonton.

 

  1. Big Close Up

Teknik pengambilan gambar sebagian dari wajah, dari dagu hingga kepala atau kening. Type shoot ini dapat mewujudkan kedalaman pandangan mata, kebencian raut wajah, emosi hingga keharuan. Tanpa dialog, tanpa intonasi, semua ekspresi keharuan, kemarahan, ketakutan bisa tersampaikan dalam shoot ini.

 

  1. Extreme Close Up

Teknik pengambilan sebagian dari keseluruhan obyek. Misalnya hanya matanya saja, kupingnya, atau mulutnya saja. Juga bisa diterapkan terhadap benda lain seperti pisau, pistol, batu dan lain-lain. Dengan shoot ini, informasi yang diberikan adalah karakter detail yang lebih tajam, nyata dan jelas.