Posisikan camera landscape

Frame size untuk sebuah karya film biasanya berukuran wide screen dengan aspect ratio 16:9 agar pengambilan gambar terlihat lebih cinematic, posisikan kamera horizontal ( Landscape ).

 

Gunakan frame size full HD
Agar kualitas gambar maksimal gunakan ukuran frame FUll HD 1920 x 1080 ( 1080 p) atau HD 1280 x 720 ( 720p).

 

Pakai tripod agar tidak goyang
Tripod sangat berguna agar video terlihat lebih stabil pada saat camera movement dan tidak berguncang. Selain itu, kamu tidak perlu repot-repot memegang dengan tangan.

 

Kunci focus
Smartphone bisa mendeteksi focus dan Eksprosure secara otomatis. Fitur ini berguna untuk mengambil foto dengan cepat, tetapi akan menggangu jika di gunakan untuk merekam video. Apabila ada sedikit gerakan, smartphone akan menyesuailan exposure pada titik focus secara otomatis. Maka disarankan gunakan mode manual dan kunci focus agar tidak berubah.

 

Jangan menggunakan zoom
Fasilitas zoom di camera smartphone biasanya berupa digital zoom, bukan optical zoom. Memperbesar obyek menggunakan digital zoom akan mengakibatkan video menjadi pecah, noise, not visually apealling dan kurang fokus. Sebagai solusinya kita bisa mendekatkan camera ke objek.

 

Pastikan sumber cahaya cukup
Kekurangan cahaya akan mengakibatkan gambar terlihat gelap dan noise. Pencahayaan terbaik berasal dari cahaya alami seperti sinar matahari. Untuk cahaya buatan, kamu bisa menggunakan portable light yang dijual bebas dipasaran dengan harga terjangkau.

 

Simpan file di media penyimpanan external
Untuk mencegah kehilangan file, media penyimpanan penuh atau smartphone over heat gunakan media penyimpanan external seperti flashdisk.